Tips Desain - Bolehkah Memakai Sembarang Jenis Huruf Untuk Produk?

Saat ini dengan mudah dapat kita temui berbagai macam produk baik produk dari produsen skala industri besar dan produk rumahan (produk UKM/IKM). Para produsen berlomba-lomba membuat desain kemasan, label atau logo yang menarik untuk mencuri perhatian customer. Namun di luar hal tersebut ada satu hal yang harus diperhatikan yaitu pemilihan huruf.


Bagaimana sebaiknya menentukan jenis huruf untuk produk?

1. Sesuaikan gaya/tampilan huruf dengan produk

Huruf yang digunakan/dipilih untuk label, merek, atau kemasan, sebaiknya harus sesuai dengan produk. Contoh, jangan menggunakan huruf yang kaku atau terkesan serius pada produk yang target marketnya ditujukan untuk anak-anak

2. Perhatikan lisensi huruf apakah dapat digunakan untuk keperluan komersil atau tidak

Huruf yang ada di komputer/pc/laptop memiliki lisensi penggunaan. Terdapat macam-macam lisensi huruf yaitu
  • Huruf untuk keperluan personal / for personal use 
    Huruf kategori ini hanya diperbolehkan penggunaannya untuk keperluan pribadi, bukan untuk keperluan komersil
  • Huruf untuk keperluan komersil / for commercial use
    Huruf kategori ini dapat digunakan untuk keperluan komersil

Bagaimana cara mendapatkan huruf-huruf tersebut?

Banyak sekali website penyedia huruf di internet. Anda dapat mencari/mendownloadnya dengan kata kunci "free fontatau "free font for commercial use".

Ketika anda mendownload huruf terdapat keterangan mengenai huruf yang akan anda download apakah huruf tersebut for personal use atau for commercial use dan terdapat keterangan apakah huruf tersebut gratis atau berbayar.

Sebaiknya, gunakan juga jenis huruf for commercial use untuk keperluan promo anda baik di brosur dan media promo lainnya.

Bagaimana, anda sudah memiliki gambaran huruf commercial apa yang akan anda gunakan, apakah yang free atau berbayar untuk keperluan bisnis anda?
Tips Desain - Bolehkah Memakai Sembarang Jenis Huruf Untuk Produk? Tips Desain - Bolehkah Memakai Sembarang Jenis Huruf Untuk Produk? Reviewed by UKM Zone on Februari 10, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.