Memutuskan Berhenti Bekerja, Kini Usaha Cetak/Sablon "Kaos Van Depok" Andi Eksis

Cari jasa cetak kaos, print kaos atau sablon kaos (baik itu sablon manual atau cetak kaos DTG) di daerah/kota Depok? Kaos Van Depok atau yang disingkat KVD, adalah tempat yang tepat untuk kebutuhan/keperluan cetak kaos / sablon kaos anda.

Adalah Andi yang memiliki nama lengkap Andi Satarius Leander ini memulai usaha cetak/sablon kaosnya dengan modal awal tiga puluh juta rupiah menggunakan mesin print kaos DTG ukuran A4 sambil bekerja sejak tahun 2009.

Sejarah usahanya bermula ketika Andi dan istri yang berkunjung ke sebuah pusat perbelanjaan di Depok dan melihat ada sebuah kaos anak yang bertuliskan "Cantik seperti mama", slogan yang sedang trend saat itu. Itulah yang menginspirasi Andi untuk membuka usaha sablon kaos. Andi kemudian mengutarakan ide tersebut kepada istrinya bagaimana jika membuka usaha seperti kaos anak tersebut. Nama KVD (Kaos Van Depok) sendiri menurut Andi memiliki arti "Kaos dari Depok" karena "van" berasal dari bahasa belanda yang memiliki arti "dari". Andi ingin Depok memiliki produk kaos sendiri yaitu kaos khas Depok.

Bapak Andi pengusaha UKM/IKM sablon/cetak kaos di Depok - Kaos Van Depok | UKM Zone
Andi pengusaha UKM/IKM sablon/cetak kaos di Depok - Kaos Van Depok
Pada tahun 2014 Andi memutuskan untuk berhenti bekerja untuk fokus menjalani usaha. Perusahaan tempatnya bekerja dan teman-teman kerjanya menyayangkan Andi berhenti bekerja mengingat fasilitas dan jabatan yang diperoleh Andi saat itu. Keluarga istri dan keluarga Andi juga tidak mendukung keputusannya untuk berhenti bekerja namun hal itu menjadi motivasi yang memacu Andi dalam berusaha. Semangat lain yang didapat Andi menjalani usaha diperoleh dari rekannya sendiri yang lebih dulu sukses dalam usaha sablon kaos. Rekannya tersebut menunjukkan kepada Andi hasil apa saja yang didapat dari "menjadi tukang kaos". "Ketika istri dan anak saya tanyakan apakah malu nantinya jika mempuyai ayah atau suami seorang tukang kaos? istri saya menjawab tidak dan anak saya malah menawarkan bantuan untuk melipat kaos. Jawaban mereka yang membuat saya lebih semangat" kisahnya pada Ukm Zone.

Dalam menjalankan bisnisnya Andi menganggap kualitas hasil sablon haruslah tetap dijaga dan pebisnis sablon lain bukanlah pesaing melainkan mitra. Andi merasa bahwa masukan dari customer adalah hal yang penting untuk peningkatan kualitas.

Cetak Kaos Sablon di Daerah Depok - KVD Kaos Van Depok | UKM ZoneCetak sablon kaos di Depok - KVD Kaos Van Depok | UKM ZoneKVD Tempat cetak sablon kaos di Depok - Kaos Van Depok | UKM ZoneJasa Cetak Kaos Sablon di Daerah Depok - KVD Kaos Van Depok | UKM Zone
Proses produksi sablon kaos / cetak kaos di area produksi Kaos Van Depok

Masa sulit pun pernah ditemui Andi. Selama kurang lebih enam bulan usaha jasa sablon/cetak kaos Andi sepi order. Dalam kondisi demikian, Andi tidak mengurangi karyawan dan tetap berkomitmen membayar upah bulanan.

Awalnya hanya memiliki satu orang karyawan kini usaha sablon kaosnya makin besar dan telah memiliki tujuh orang karyawan. Menurut Andi, memulai bisnis itu lebih mudah daripada menjaga dan mengembangkannya. Trik khusus yang dijalankan Andi dalam mengelola bisnisnya adalah memberikan garansi 100% baik garansi uang kembali atau garansi mengganti barang/produk untuk customernya. Andi juga memberikan ruang bagi karyawannya (yang dianggapnya sebagai mitra/partner) untuk menjadi bagian dari sales. "Rencana saya ke depan adalah membuat kaos dengan desain sendiri dan membuka gerai khusus" ungkapnya. 

Bagaimana? Anda tertarik mencoba kualitas hasil cetak kaos / print kaos / sablon kaos manual atau DTG di Depok milik Andi ini?

Kontak Kaos Van Depok

Memutuskan Berhenti Bekerja, Kini Usaha Cetak/Sablon "Kaos Van Depok" Andi Eksis Memutuskan Berhenti Bekerja, Kini Usaha Cetak/Sablon "Kaos Van Depok" Andi Eksis Reviewed by UKM Zone on Februari 24, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.