Mila Hadirkan Tenun NTT Dalam Bentuk Tas Aksesoris Dan Baju Dengan Harga Terjangkau

Anda penggemar motif kain tenun tradisional? Produk craft / kerajinan Morisdiak milik Mila Mariana Wulandari dari Yogyakarta bisa menjadi pilihan anda. Mila mengolah kain tenun tradisonal Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi tas, aksesoris dan baju. Kain Tenun tradisional yang digunakan dalam produk Morisdiak berasal dari berbagai daerah di NTT dikombinasikan dengan bahan kanvas, goni, lurik dan bahan lainnya. “Sebagian proses produksinya menggunakan mesin jahit sedangkan untuk pengerjaan aksesoris seratus persen masih dengan jahit tangan” ujar Mila.

Mila Mariana Wulandari Pemilik UMKM IKM Morisdiak Dari Yogyakarta | UKM Zone
Mila Mariana Wulandari pemilik UMKM/IKM Morisdiak dari Yogyakarta

Pengalaman bertugas di pedalaman Nusa Tenggara Timur dan kecintaan Mila akan kain tradisional nusantara terutama tenun NTT menjadi inspirasi bagi Mila untuk menjalankan usaha craft/kerajinan bernama Morisdiak pada bulan April 2014 dengan modal awal tiga juta rupiah. Arti nama Moris Diak memiliki makna "hidup yang baik" diambil dari bahasa Tetun yang digunakan oleh masyarakat kabupaten Belu dan Malaka di Nusa Tenggara Timur.

Mila melibatkan para ibu rumah tangga dan remaja putri dalam proses produksi. Pada awalnya semua dikerjakan sendiri secara otodidak oleh Mila dari mulai konsep, desain, belanja, produksi, hingga pemasaran. Respon pasar atas produknya dirasakan oleh Mila cukup baik terutama dari kalangan muda yang terkendala dengan harga.

Tas unik berbahan kain tenun NTT produk Morisdiak UKM IKM Yogyakarta | UKM Zone
Tas unik berbahan kain tenun NTT produk Morisdiak

“Morisdiak menawarkan produk yang simple, desain lebih “ringan” dengan penekanan lebih pada pesan/content, unik, casual, dengan harga yang terjangkau bagi kalangan muda rentang usia 25 sampai dengan 34 tahun sehingga mereka juga dapat mengakses, memakai, sekaligus mempromosikan tenun NTT dalam keseharian mereka” ungkapnya pada UKM Zone.

Mila menjelaskan, dengan Morisdiak dirinya ingin mengedukasi tenun kepada generasi muda dengan membuat produk yang sesuai segmentasi mereka dan berharap dapat lebih memperluas pasar tenun NTT. Saat ini sebagian besar konsumen Morisdiak berasal dari dalam negeri dan untuk membuka pasar dari wisatawan internasional Mila memasarkan produknya di kawasan wisata.

Tas unik berbahan kain tenun NTT produk Morisdiak | UKM Zone
Tas unik berbahan kain tenun NTT produk Morisdiak

Produk Morisdiak dipasarkan secara online melalui Instagram dan marketplace. Untuk pemasaran offline produk Morisdiak dapat anda temukan di outlet berikut
  • Via-via Jogja
    Jl. Prawirotaman 1 Yogyakarta
  • Genetika Concept Store (Greenhost Boutique Hotel)
    Jl. Prawirotaman 2 Yogyakarta
  • Lemari Lila
    Jl. DI Pandjaitan no.45 Yogyakarta
  • Djeladjah Cafe
    Jalan Gambiranom, Perum Ndalem Andaru, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman Yogyakarta
  • Simply Amelie
    Jl. Tirtodipuran no.15 Yogyakarta

Untuk pengembangan usaha Mila berencana Morisdiak dapat bekerja sama dengan berbagai kelompok tenun di NTT dan mengembangkan sistem penjualan berbasis online agar dapat mengakses pasar yang lebih luas. Selain itu Mila juga membuka kesempatan bagi yang ingin bergabung menjadi reseller.

Bagaimana, anda tertarik dengan tas, aksesoris dan baju dari kain tenun tradisional Nusa Tenggara Timur (NTT) produk Morisdiak UKM/IKM Yogyakarta ini?

Online Store Morisdiak



Kontak Morisdiak

Mila Hadirkan Tenun NTT Dalam Bentuk Tas Aksesoris Dan Baju Dengan Harga Terjangkau Mila Hadirkan Tenun NTT Dalam Bentuk Tas Aksesoris Dan Baju Dengan Harga Terjangkau Reviewed by UKM Zone on Maret 27, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.