Dari Nol Bangun Usaha Konveksi MOJAIT Kini Jun Miliki Brand Fashion Ezello

Kisah sukses perjalanan usaha ini berawal saat Junaydi Al Khalifi atau akrab disapa Jun masih bekerja menjadi seorang karyawan yang bergerak di bidang fashion. Jun memposting menawarkan jasa jahit ke media sosial dengan mengupload berbagai baju hasil produksi kantor tempat Jun bekerja. Seiring berjalannya waktu akhirnya ada customer yang menanyakan harga produksi jahit untuk produknya. Pada awalnya Jun ingin pesanan ini dikerjakan di tempatnya bekerja namun ternyata tidak memungkinkan di karenakan volume produksi saat itu sedang tinggi. Untuk memenuhi keperluan pemesan tersebut maka Jun memberanikan diri untuk mencari rekanan jasa konveksi.

Pesanan dari customer berikutnya pun kembali datang. Namun ternyata dalam pelaksanaanya pesanan tersebut mengalami kendala yang komplek dari pihak konveksi seperti jadwal / deadline yang selalu molor sampai dengan hasil kualitas jahitan yang kurang rapi. Customer pun kecewa dengan hal tersebut. Jun kemudian memutuskan untuk pindah bekerjasama ke rekanan konveksi lain namun ternyata hasil dan kendalanya pun tidak jauh berbeda. Jun menutuskan untuk pasrah menerima dengan lapang dada dalam menghadapi komplain dan kritikan dari customer sebab menurutnya ini adalah proses dalam merintis sebuah usaha.

Junaydi Al Khalifi (Jun) pemilik usaha konveksi MOJAIT dan brand fashion Ezello
Junaydi Al Khalifi (Jun) pemilik usaha konveksi MOJAIT dan brand fashion Ezello
Menjelang bulan ramadan permintaan atas jasa menjahitnya semakin ramai sedangkan tugasnya sebagai karyawan di tempatnya bekerja juga sangat padat seperti mempersiapkan bermacam pakaian untuk hari raya yang akan dipasok ke berbagai departement store / retail ternama. Jun saat itu sangat bingung sebab di sisi lain usahanya menjahitnya juga sedang banyak pesanan termasuk masih banyak mendapat komplain dari customer. Berdasar hal tersebut Jun mulai berpikir bahwa tidak mungkin untuk dapat menjalani dua perkerjaan sekaligus dan harus fokus ke salah satu usaha. Salah satu pertimbangan yang ada pada saat itu adalah keterbatasan waktu untuk keluarga di mana dirinya dalam bekerja sering pulang hingga larut malam.

Setelah hari raya Idul Fitri, didukung oleh pihak keluarga, pada Juli 2018 Jun membulatkan tekad memutuskan untuk berhenti bekerja sebagai karyawan dan membuka usaha konveksi yang ia beri  nama MOJAIT dengan modal awal lima juta rupiah yang ia rasa saat itu sangat minim. "Saya memang tidak sepandai mereka pelaku usaha konveksi yang menguasai ilmu teknis dan teorinya namun kebulatan tekad saya untuk menuju ke arah yang lebih baik maka saya saya serahkan segalanya kepadaNya karena yang saya kuasai waktu itu hanya bagaimana cara mempromosikan usaha saya di sosial media, selebihnya saya masih awam" ujar Jun pada UKM Zone.

Banyak hambatan dan rintangan yang dilalui. Jun memaparkan bahwasanya jika mental dan keyakinan tidak kuat bukan tidak mungkin Jun kembali menjadi karyawan. Berbagai cibiran, komplain banyak Jun dapatkan saat memulai usahanya. Jun memilih usaha di bidang fashion pada dasarnya bukanlah basicnya, namun dengan pengetahuan seluk-beluk proses pembuatan pakaian hingga pemasaran yang ia dapatkan saat bekerja yang membuat dirinya memutuskan terjun menjalani bisnis konveksi.

Promosi dan hasil jahitnya mendapat respon dari pasar. Usaha konveksi MOJAIT bertagline "Solution for your brand" miliknya ini pada awalnya berjalan dengan dua orang karyawan dan kini telah memiliki tujuh orang karyawan. Dalam menjalani usahanya Jun belajar dari pengalaman bekerjasama dengan rekanan konveksi sebelumnya untuk memberikan layanan yang lebih baik dari segi layanan dan kualitas. "Kelebihan MOJAIT dibanding kompetitor lain adalah memberikan kualitas service yang baik dan amanah dan tentunya kami menggunakan bahan-bahan yang berkualitas untuk kesempurnaan produk pakaian yang dihasilkan. Dalam proses produksinya tentu harus sabar, rapi, teliti dan kontrol yang baik dalam finishing" ungkapnya.

Selain kualitas yang bagus pelanggan juga sangat terkesan ketika melihat poster yang ada di ruang produksi yang bertuliskan "Utamakan sholat dan kerapian kerja". Ternyata tanpa disadari hal tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi customer. Lebih dalam Jun menjelaskan "Dalam mencari pegawai kualifikasinya adalah wajib menjaga sholat agar usaha juga menjadi berkah dengan doa-doa mereka di tiap sholat dan selain itu juga ada larangan merokok di area kerja tujuannya memberikan kenyamanan pada tamu sehingga aman bagi tamu dan menghindari kain atau bahan produksi terpapar asap rokok".

Genap setahun kemudian MOJAIT mengeluarkan produk fashion yang diberi nama Ezello dengan konsep smart casual style di mana  produk pakaian tersebut dapat digunakan dalam kondisi formal dan non formal. "Artinya desainnya santai tapi oke juga kalau buat acara resmi begitu pun sebaliknya. InsyaAllah tidak lama lagi hadir dengan koleksi baju-baju muslim modest fashion, office wear, dan juga yang casual" jelas Jun.

Tempat jasa jahit bagus berkualitas MOJAITMOJAIT jasa konveksi menjahit online terpercaya amanahUsaha kecil mikro menengah UKM UMKM IKM bidang jasa fashion konveksi MOJAITMOJAIT jasa konveksi bagusUsaha konveksi amanah pesan online MOJAIT

Berbagai contoh hasil produksi konveksi MOJAIT

Ke depan Jun berencana menguatkan brand fashion Ezello yang dilahirkan dari MOJAIT. Ia menargetkan produk Ezello harus ada di semua sosial media dan akan membuka gerai offline di beberapa titik di kota Jakarta.

Bagi anda yang ingin menggunakan jasa menjahit / konveksi dari MOJAIT atau anda ingin menjadi reseller / distributor produk Ezello silahkan anda dapat mennghubungi kontak berikut di bawah ini.


Kontak MOJAIT



Dari Nol Bangun Usaha Konveksi MOJAIT Kini Jun Miliki Brand Fashion Ezello Dari Nol Bangun Usaha Konveksi MOJAIT Kini Jun Miliki Brand Fashion Ezello Reviewed by UKM ZONE on Juli 05, 2019 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.